Selasa, 01 November 2016

BERPETUALANG adalah Pengalaman yang Sangat Menarik

BERPETUALANG adalah Pengalaman yang Sangat Menarik

BERPETUALANG adalah suatu pengalaman yang sangat menarik, keberanian, menantang, tidak biasa, sesuatu yang hebat, sesuatu yang mengejutkan, dan diluar perkiraan, perubahan kehidupan atau suatu hal baru yang tak terjadi setiap hari. Anda Berani?
Karena berpetualang bukan sekedar untuk mencapai suatu tujuan akhir misalnya sampai diatas puncak gunung, ujung goa atau berhasil memanjat tebing, dll. Tetapi lebih kesuatu yang Anda bisa rasakan ketika melakukan petualangan tersebut, bahkan sebelum mencapai tujuan akhir. Suatu rasa yang luar biasa yang tak tergambarkan, yang hanya dapat kita rasakan. Jadi, petualangan sesingkat apapun atau semudah apapun akan selalu berarti.
Berbagai macam petualangan baik itu naik gunung, panjat tebing, susur gua atau pantai dll. Pasti nya mengandung resiko dan bahaya tertentu yang harus kita ketahui sebelum melakukannya. Jadi seringan atau seberat apapun resiko yang kita hadapi, kita harus mempersiapkan nya dengan matang baik fisik, mental serta perlengkapan dan peralatan yang akan dibutuhkan untuk melakukan petualangan. Selain persiapan pribadi, dalam berpetualang juga memerlukan adanya kerjasama tim, karena bagaimanapun kita akan selalu saling membutuhkan. Satu hal penting lagi dalam melakukan suatu petualangan, yaitu jangan pernah melakukan suatu kelalaian atau kecerobohan dan kebodohan karena kedua hal itu akan sangat berbahaya dalam petualangan.
Berpetualang memiliki berbagai manfaat. Beberapa manfaat tersebut diantaranya adalah :
  1. Meningkatkan rasa percaya diri.
Saat melakukan liburan yang menegangkan, Anda terlantang untuk mengeluarkan potensi diri Anda yang belum Anda sadari, terutama karna Anda terbiasa hidup dijaman modern, misal nya menemukan arah jalan dengan menggunakan kompas dan bukan GPS, mengarungi sungai berarus deras, ataupun melihat binatang liar dialam aslinya. Semua itu akan membuat Anda lebih percaya diri.
  1. Pengalih perhatian saat berpetualang.
Anda menjauh dari hal-hal yang mengganggu pikiran Anda. Adrenalin yang meningkat membantu Anda melupakan masalah Anda, walaupun hanya untuk beberapa saat.
  1. Dorongan berolahraga saat dirumah.
Dorongan untuk berolahraga tidak akan Anda rasakan akibat padat nya rutinitas. Petualangan sepertimendaki gunung atau berarung jeram akan memaksa Anda untuk bergerak aktif dan mengolahragakan tubuh Anda.
  1. Mempererat hubungan kekeluargaan saat berada dialam bebas.
Gangguan dari gatget seperti handpone, TV, ataupun gangguan lain akan hilang. Anda pun memiliki kesempatan untuk mengobrol dengan teman, pacar, atau keluarga Anda yang ikut berpetualang tentang banyak hal.
  1. Memberikan kesenangan petualang memang menyenangkan.
Liburan dengan unsur petualangan mungkin bisa disamakan dengan menaiki roller coster, yaitu sama-sama memompa adrenalin dan membuat Anda merasa sangat puas ketika Anda berhasil melewati nya. Jadi, sesekali cobalah ajak teman, pacar atau keluarga Anda untuk berpetualang bersama.
  1. Di Indonesia pun banyak lokasi yang menantang, misalnya :
  2. Wisata arung jeram percikan air dan arus deras yang menegangkan bisa Anda nikmati saat berarung jeram. Lokasi yang bisa Anda coba salah satu nya adalah arung jeram di kasembon-Malang, disungai pekalen, probolinggo, dan masih banyak tempat lainnya.
  3. Trekking pasti nya menarik dan menegangkan, petualangan akan semakin terasa kalau Anda tak sekedar mendaki gunung, tapi juga berkemah digunung tersebut. Coba tengok kegunung Rinjani di nusa tenggara barat atau gunung semeru di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur yang jadi semakin dikenal sejak film dan buku ” 5cm ” sukses! bisa Anda coba. Indahnya gunung Bromo dijawa timur juga bisa jadi pilihan Anda.
  4. Caving, berpetualang keperut bumi atau goa, kebanyakan orang cenderung melihat kearah gunung atau pantai saat menentukan tujuan wisata. Tapi petualangan ‘bawah tanah’ memasuki gua-gua indah dengan stalagtit, dan stalagmit yang magis juga sangatlah menarik lho. Anda bisa mencoba ke gua-gua yang sudah banyak ditemukan di pulau jawa.
  5. Diving dan snorkling atau petualangan bawah laut. Jika berwisata kepantai, jangan sekedar berjemur dipantai atau celup-celup kaki saja. Indonesia punya banyak pilihan tujuan wisata untuk menikmati indahnya dunia dibawah laut lho, mulai dari yang agak jauh dari jakarta seperti Raja Ampat dan Bunaken, atau yang lebih mudah diakses seperti Karimunjawa dan pulau macan dikepulauan seribu, Anda yang tidak bisa diving, bisa mencoba snorkling. Anda yang pemula pun bisa meminta bantuan pemandu ditiap lokasi wisata yang biasa nya bisa mengajarkan Anda mengenai dasar snorkling.
  6. Wisata bersepeda tergantung tujuan lokasi yang Anda pilih, jenis wisata ini bisa dilakukan dengan mudah pada akhir minggu bersama keluarga Anda. Anda bisa bersepeda dilokasi indah yang mudah dijangkau, seperti di Bogor atau Gunung Salak, atau diUluwatu atau Ubud di Bali.
  7. Paralayang atau terjun dari ketinggian dengan menggunakan parasut, juga bisa kita nikmati di gunung seribu Batu-Malang yang memiliki pemandangan begitu indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar